DFD - ERD PENJUALAN KREDIT

DFD - ERD PENJUALAN KREDIT



1.      Diagram Kontek ( Context Diagram ).


               Context diagram adalah tingkatan tertinggi dalam aliran data dan hanya memuat satu proses. Proses ini menunjukan sistem secara keseluruhan dan proses tersebut diberi nomor nol. Context Diagram mengambarkan hubungan input/output antara sistem dengan dunia luarnya (kesatuan luar). Gambaran Context Diagram  dari sistem informasi penjualan pada PT. Andalas Berlian Motor dapat dilihat pada gambar 4.1 :






Gambar 4.1 Diagram Konteks Perancangan Sistem Informasi Penjualan Mobil



2.      Data Flow Diagram.


                  Data Flow Diagram menunjukan data yang mengalir dari satu entity ke entity lain yang dikembangkan secara logika tanpa mempertimbangkan lingkungan fisik data mengalir atau lingkungan fisik dimana data disimpan. Data Flow Diagram menggambarkan sistem pertama kali secara garis besar top level ) dan dipecah menjadi bagian yang lebih kecil dalam bentuk modul-modul ( lower leve).


                  DFD level 1 merupakan penjabaran dari diagram kontek, dimana sistem dikembangkan lebih detail dan terinci. Pada level 1 bisa dilihat bagaimana aliran data yang mengalir yang membentuk fil-file sebagai persiapan dalam perancangan sistem informasi. DFD level 1 dari sistem informasi penjualan mobil pada PT. Andalas Berlian Motors Bukittinggi dilihat pada gambar dibawah ini :




4.2 DFD level 1 Perancangan Sistem Informasi Penjualan Mobil pada PT. Andals Berlian Motors Bukittinggi.


Uraian dari DFD level 1 diatas adalah :

a.  Proses 1 adalah Customer memberikan document kepada Sales Adm  kemudian diproses menjadi entry data customer yang akan menghasilkan file customer.

b.  Proses 2 adalah Gudang (Delivery Order) memberikan dokument kendaraan masuk yang diperoleh dari Perwakilan Dealer (PT. Kramayudha Tiga Berlian Motors) kemudian diproses menjadi entry kendaraan masuk serta  membutuhkan data kendaraan yang akan menghasilkan file kendaraan masuk.

c.  Proses 3 adalah proses entry transaksi penjualan yang melibatkan Sales Adm serta membutuhkan data customer, data kendaraan dan data kredit yang akan menghasilkan file penjualan. Serta mencetak kwitansi pembayaran sesuai dengan jenis penjualan, kemudian kwitansi tersebut diserahkan kepada Accounting untuk di tanda tangani sebelum diberikan kepada Customer. 

d.  Proses 4 adalah proses transaksi pembayaran yang melibatkan Sales Adm serta membutuhkan data kredit yang akan menghasilkan file pembayaran.

e.  Proses 5 adalah proses pembuatan laporan penjualan yang melibatkan Sales Adm yang akan menghasilkan laporan customer, kendaraan masuk, penjualan dan piutang, yang nantinya akan diserahkan kepada Ass. Bussines Maneger untuk ditanda tangani. Kemudian laporan piutang diberikan kepada lembaga keuangan untuk proses melkukan proses pelunasan piutang.

3.      Entity Relationship.

               Entity Relationship adalah sebuah diagram yang mengambarkan hubungan antara file-file yang membentuk sistem informasi penjualan pada   PT. Andalas Berlian Motors Bukittinggi, dimana masing-masing file dihubungkan oleh kunci utama untuk tiap file (primary key) dan kunci relasi (relation key). Hubungan dari file- file yang terbentuk pada sistem informasi penjualan dapat dilihat pada diagram berikut:



Gambar 4.3 ERD Perancangan Sistem Informasi Penjualan Mobil.

0 komentar:

Posting Komentar